Rabu, 10 Maret 2010

APA BENTUK KEPEDULIAN ANDA PADA MAGELANG


By on 19.44


Sebagai manusia yg memiliki kaitan historis dengan Magelang, seberapa besar kepedulian Anda dengan kota/kabupaten tercinta itu ? Demikian pula, apa yang sudah Anda berikan bagi warga Magelang dalam mengembangkan dirinya di perantauan ? Sebagai ilustrasi, saya akan mengu...ngkapkan beberapa contoh. Masyarakat Minang (Sumatera Barat) membuat 'GEBU MINANG' (Gerakan Seribu Minang), sebuah gerakan untuk menampung kepedulian masyarakat Minang di perantauan thd daerah asalnya. Gerakan itu terwujud dalam bentuk 'dana sebesar seribu rupiah' (seharga sebatang rokok) yang disumbangkan oleh para perantau itu setiap harinya bagi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Sumatera Barat. Atau beberapa paguyuban berdasarkan semangat primordial, seperti "Paguyuban Warga Gunung Kidul', 'Paguyuban Warung Tegal', dan 'Paguyunan Wonogiri', dll. Mereka memiliki program kongkrit untuk membantu warga asal daerahnya mengembangkan diri di perantauan. Programnya berbentu bantuan 'modal bergulir' bagi yang membutuhkan. Misalnya seperti pada warung Tegal. Pertama, mereka menampung warga dari daerahnya untuk bekerja di warung2 yang mereka (jaringan) miliki. Pada akhirnya, mereka juga membantu para warga untuk membuka warung sendiri, dan seterusnya. Mereka juga membangun koperasi, yang berfungsi menyalirkan berbagai kebutuhan pokok bagi pengembangan warteg-nya. Modus itu terbukti sangat membantu pengembangan warteg itu menjadi mandiri. Selama ini, sekitar 30 tahun saya merantau di Jakarta, saya belum pernah mendengar ada komunitas warga Magelang yang melakukan program2 semacam itu. Paling banter reunian, kumpul2 campursari-an, kangen2an, dll. AYO BUKTIKAN BAHWA ANDA-ANDA SEMUA MEMBAWA MANFAAT BAGI SESAMA. SEMANGAT !!! Untuk mengetahui apa yang telah kami perbuat bagi Magelang, silakan klik www.borobudurlinks.com

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

2 komentar:

  1. lha hayo dimulai Pak, kan sudah ada wadah PPPM to?
    kalo kami di Komunitas Blogger Magelang juga banyak yang di tanah rantau, komitmen kami kepada penggunaan media internet secara positif.
    Beberapa program kami seperti Magelang Go Blog untuk menampilkan informasi seputar Magelang ke seluruh dunia, pelatihan blogging untuk pelajar, penghimpunan buku untuk perpus di Kaliangkrik, dan kedepan ada lomba menulis untuk pelajar se-Kedu!
    Apakah sesuatu yang kecil tang telah kami mulai ini dikatakan tidak ada kepedulian kepada Magelang? Kami mencoba mulai dari yang kecil, karena kami memang kelompok kecil dan minoritas diantara warga yang lain, namun harapan kami sesuatu yang kecil tersebut dapat sedikit memberikan manfaat.....

    BalasHapus
  2. Terimakasih.. harapan kami juga begitu, setidaknya kita sisihkan harta kita, ilmu kita, tenaga kita, waktu kita untuk Magelang Tercinta.. "Semakin banyak kita memberi, semakin banyak yang kita dapatkan".

    BalasHapus

kami tunggu komentar anda