Rabu, 13 Januari 2010

Fedep Dan Kluster Kab. Magelang Terbaik Se Jateng


By on 18.07

Keberadaan Forum for economic Development and Employment Promotion ( FEDEP ) dan Kluster Kabupaten Magelang telah mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah hal ini terbukti sejak 2008 secara berturut- turut hingga 2009 ini FEDEP Kabupaten Magelang dikukuhkan menjadi yang terbaik dalam kategori Menggalang kerjasama anggota Fedep. Selain itu Forum Rembug Kluster Pariwisata Borobudur juga keluar sebagai klaster terbaik 2009, Demikian Sambutan Bupati Magelang Ir. Singgih Sanyoto yang dibacakan Kepala Bappeda Rohadi Pratoto ,SH,MSi, dalam acara Wokshop dan pameran Kluster Regional eks Karesidenan Kedu belum
lama ini, bertempat di Gedung pertemuan Bank Bapas, Kabupaten Magelang.
Lebih lanjut Bupati mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Magelang sangat mendukung keberadaan forum diskusi ini hal ini dibuktikan dengan pengukuhan lewat Keputusan Bupati. Sebagai langkah konkrit Pemerintah Kabupaten Magelang akan segera membangun shoorom bersama kluster yang nantinya shooroom ini akan menampung hasil-hasil karya dari kluster yang ada se eks Karesidenan Kedu. Sebagai permasalahan umum yang dialami dalam pengembangan kluster antara lain bahan baku yang sulit, penggunaan tehnologi, pasar dan permodalan.
“Untuk itu melalui workshop dan pameran klaster regional eks karesidenan kedu ini nantinya bisa dirumuskan bersama dalam bentuk kerjasama/ kemitraan antar FEDEP atau pelaku usaha guna pengembangan klaster,”katanya. Terkait dengan pengembangan kluster , Kabupaten Magelang telah membentuk dan memfasilitasi lima klaster antara lain : Forum rembug klaster Pariwisata Borobudur, Klaster Pahat Batu Taman Agung Muntilan, Klaster Slondok dan puyur Desa Sumurarum Grabag, klaster Pertanian Buah salak Srumbung, serta Klaster pertanian sayur Dukun. Kedepan Kab Magelang akan mereplikasikan 4 klaster baru yaitu klaster Mebel,klaster perikanan ikan air tawar , klaster kerajinan bamboo serta klaster industri karoseri.
Sementara itu Kepala Bappeda Prov Jateng Prof.Dr. Ir.Budi Prayitno, M.Sc.dalam Sambutanya yang dibacakan oleh Ka.Bidang Ekonomi, mengatakan bahwa konsep pengembangan ekonomi lokal berbasis klaster merupakan salah satu alternative pilihan pengembangan ekonomi kerakyatan yang dipilih oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. “Kami melihat pengembangan ekonomi model klaster ini dari waktu kewaktu telah menunjukkan kecenderungan yang menggembirakan “katanya.
“Konsep ini telah terbukti mampu menjawab tantangan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, keunggulanyapun telah terbukti dengan kemampuannya bertahan dalam krisis ekonomi yang dialami Bangsa Indonesia beberapa waktu lalu,” imbuhnya . (ED AI)
http://www.jatengprov.go.id/?document_srl=3068

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 komentar:

Posting Komentar

kami tunggu komentar anda